SEJARAH


Rabu, 28 Desember 2016 | 11:14:54 |Dibaca : 105 Pembaca
about img

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP3M) Universitas Tamansiswa Padang berdiri sejak bulan Agustus 1957.  Salah seorang pendirinya adalah Ki H. Yusuf Nur (alm), yang ketika itu menyelenggarakan pendidikan tingkat akademi dengan mendirikan Akademi Pertanian dan Peternakan (APERTANA) dengan status terdaftar dari Mendikbud melalui SK No. 0607/1984.  Kemudian  APERTANA menjadi Sekolah Tinggi Pertanian (STP) melalui SK Kopertis Wilayah I, SK No. 134/SK/PPS/Kop. I/1985 pada tanggal 17 Mei 1985 dengan Direktur Dr. Ir. Iswandi, MSc. Pada tahun 1987 didirikan Universitas Tamansiswa yang waktu itu diistilahkan oleh Kopertis Wilayah I dengan pemekaran Sekolah Tinggi menjadi Universitas. Universitas Tamansiswa menaungi beberapa Fakultas yaitu: Pertanian, Peternakan, Hukum dan Ekonomi dengan status izin operasional.  Kemudian pada tanggal 5 September tahun 1989  dan status terdaftar dari Mendikbud RI No. 0552/0/1989,

Seiring dengan perubahan status kelembagaan pendidikan tinggi, dari akademi menjadi universitas,  unit kerja yang mengelola penelitian di UNITAS sejak berdiri 1998 sampai Oktober 2015 dikelola oleh satu lembaga yaitu Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LP3M). Namun sejak Oktober 2015 lembaga ini dipisahkan menjadi 2 yaitu Lembaga Penelitian (LP) dan Lembaga Pengabdian pada Masyarat (LPM). Dipisahnya lembaga ini diharapkan agar lebih optimal dalam pelaksanaan kegiatan.

Lembaga Penelitian adalah unsur pelaksana akademik yang mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan penelitian, serta ikut membangun kompetensi sumber daya manusia yang diperlukan. Sejak berdirinya awal berdiri lembaga ini penelitian maupun lembaga pengabdian pada masyarakat UNIITAS telah memfasilitasi dan mendorong sivitas akademika di lingkungan UNITAS  untuk mengadakan penelitian dan pengabdian masyarakat, baik secara berkelompok maupun individu. Fasilitas yang diberikan berupa  pelatihan, sosialisasi, informasi serta aktivitas berupa fasilitasi pendanaan internal,  pelatihan, klinik dan pendampingan, seminar, monitoring dan evaluasi, penyediaan literatur dan lainnya.

Kedepan diharapkan Lembaga Penelitian UNITAS  selain menangani penelitian juga mempunyai tugas dan wewenang dalam pengidentifikasian dan pengajuan Hak  Kekayaan Intelektual (HAKI), publikasi dan buku ajar sesuai dengan Permendikbud No 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Lembaga Penelitian UNITAS  memiliki wewenang dan tanggung jawab sebagai berikut:

  1. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan kegiatan penelitian dalam bidang sains, teknologi, kesehatan, sosial, seni  dan humaniora yang dilaksanakan oleh sivitas akademika.
  2. Sebagai lembaga yang mengkoordinasikan diseminasi hasil-hasil penelitian dalam bidang sains, teknologi, kesehatan, social dan humaniora kepada masyarakat.
  3. Sebagai lembaga yang bertugas mengembangkan kapasitas dan potensi penelitian di lingkungan UNITAS untuk kesejahteraan masyarakat.
  4. Sebagai lembaga yang bertugas mengidentifikasi dan mengajukan HAKI.

Sebagai lembaga yang bertugas dalam mempublikasikan hasil-hasil  penelitian dalam bentuk seminar, diskusi, jurnal dan poster serta pembuatan  buku ajar.

Iklan Layanan