Pembukaan Seminar KKN Universitas Tamansiswa Tahun 2017


Sabtu, 09 September 2017|10:09:07 |Dibaca : 6 Pembaca
about img

LAPORAN KETUA PANITIA PADA PEMBUKAAN SEMINAR KKN TAHUN 2017

Asalalmu’alaikum wr.wb

Alhamdulillah puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Kuasa, karena berkat rahmatnya kita diberikan kesehatan untuk mengikuti acara pembukaan seminar KKN mahasiswa. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurah ke haribaan junjungan kita Nabi Muhammad SAW, karena suri teladan beliaulah yang selalu menuntun kita semua agar senantiasa berada di  jalan kebaikan. Semoga keberkahan selalu dilimpahkan bagi kita semua, amin yrba…..

 

Yth:

1.     Ketua Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Tamanssiwa Padang

2.     Rektor Universitas Tamansiswa Padang

3.     Bapak/ibuk pimpinan Universitas Tamansiswa Padang

4.     Bapak/ibuk DPL

5.     Yang kami banggakan mahasiswa peserta KKN Universitas Tamansiswa Padang tahun 2017

Pada kesempatan ini dapat kami laporkan, bahwa pelaksanaan KKN mahasiswa tahun akademik 2016/2017 secara oprasional ditangani oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN tahun ini berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya karena KKN tahun ini kita memilih lokasi diluar kota Padang tepatnya di Kabupaten Padang Pariaman Kecamatan Sintuak Toboh Gadang (tujuh Korong) dan Kecamatan Batang Anai (lima korong). Dasar pemilihan daerah Sintuak menjadi lokasi KKN adalah karena merupakan daerah binaan Universitas Tamansiswa Padang dan masyarakatnya juga meminta untuk diadakan KKN di daerah tersebut. Dasar pemilihan Kecamatan batang anai adalah akses ke jalan raya lebih dekat. Disamping itu potensi daerah Padang Pariaman cukup baik dari sisi pertanian, perkebunan dan kewirausahaan. Waktu pelaksanaan KKN selama 40 hari sejak tanggal 17 Juli sampai 27 Agustus 2017.

            Dari pemilihan lokasi ini manfaat atau pelajaran yang dapat diambil oleh mahasiswa dari pelaksanaan KKN ini adalah karena antara Kecamatan sintuak Toboh Gadang dan Kecamatan Batang Anai prilaku masyarakatnya berbeda. Dimana Kecamatan Sintuak perilaku masyarakat lebih cendrung ke prilaku masyarakat desa sehingga masyarakatnya lebih mudah diajak untuk berkomunikasi dan bekerjasama. Sedangkan perilaku masyarakat Kecamatan Batang Anai lebih cendrung ke masyarakat perkotaan sehingga perilaku masyarakatnya lebih individualis. Sehingga agak sulit diajak untuk berkomunikasi dan sosialisasi.

            Selama pelaksanaan kegiatan KKN masyarakat di lokasi KKN menyambut positif kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa, dan mahasiswa pun merasa senang berada dilokasi KKN bahkan ada yang minta di tambah jangka waktu KKN karena seking senangnya berada di lokasi. Program KKN yang disusun oleh mahasiswa bersama DPL dapat terlaksana dengan baik. Pelaksanaan KKN tahun ini cukup banyak kegiatan yang bermanfaat yang diberikan baik oleh mahasiswa maupun dosen yang berguna bagi masyarakat. Terlaksananya kegiatan KKN ini dengan baik karena mahasiswa telah punya program sebelum turun kelapangan, sehingga dilapangan hanya tinggal menjalankan program yang sudah disusun, dan juga atas bantuan dan kerjasama semua pihak.

Disamping itu saudara mahasiswa KKN juga di awasi dan di kontrol oleh DPL, pimpinan (dalam hal ini monitoring) dan panitia sehingga dengan adanya pengawasan ini maka kegiatan KKN berjalan dengan baik. Namun dibalik itu mahasiswa dan panitia bukanlah orang yang sempurna, maka kekurangan dan permasalahan tetap ada dan dijadikan evaluasi untuk pelaksanaan KKN berikunya. Pelaksanaan KKN tahun ini juga menjadi sarana bagi dosen untuk melaksanakan pengabdian kepada masyarakat sehingga banyak kegiatan penyuluhan, pelatihan dan praktek kewirausahaan yang dilakukan oleh dosen kepada masyarakat.

Pada pelaksanaan KKN tahun ini juga dilakukan pemilihan pelaksanaan KKN terbaik, indikator penilaian atau yang menjadi criteria penilaian KKN adalah: 1. Publikasi di media, 2. Banyak kegiatan/program KKN yang terlaksana, 3. Adanya program tambahan dan 4. Pelaporan.

Demikian pelaksanaan KKN yang dapat saya laporkan, mohon maaf atas kekurangan, wabillahi taufik walhidayah. Asaluma’alaikum wr.wb

Link Utama